Daun Kelor

Bagi anak anak yang malas mengkonsumsi sayur dan buah, minum rebusan teh daun kelor sebagai minuman setelah makan dapat dijadikan solusi.

Bagi kita yang kecapaian setelah beraktifitas atau berolahraga, meminum teh daun kelor dapat mempercepat tubuh untuk me-recovery kebugaran kita.

Bagi kita yang ingin terjaga kesehatan mata dan kulit kita, mengkonsumsi daun kelor khasiatnya bisa lebih baik dari wortel.

Itulah sebagian kecil manfaat daun kelor yang telah terbukti dirasakan masyarakat di berbagai belahan dunia. Bahkan WHO menjadikan daun kelor ini untuk mengatasi malnutrisi di negri negri Afrika.

Ini karena daun kelor memiliki nutrisis yang sangat lengkap. Daun basahnya mengandung karbohidrat 12.5%. Protein ampir  7 %. Dan sangat kaya  dengan vitamin A, B1, B2, C, Calcium serta kalium dan mineral mineral lainnya yang dibutuhkan tubuh.

Secara penelitian ilmiah, khasiat daun kelor antara lain bersifat antimicroba, anti inflamasi (pereda rasa sakit), Antioksidan (penetral radikal bebas), menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan kadar gula darah, menjaga kesehatan liver, antitumor / kanker, dan menyehatkan Jantung.

Dengan manfaat sebanyak itu maka akan merugi kita jika tidak memanfaatkannya. Tumbuhan ini pun sangat mudah di tanam. Cukup dipotong dan ditancapkan di tanah, lalu di siram pagi sore, kemungkinan besar tanaman ini akan tumbuh subur. Dan kita telah mempunyai tanaman dengan manfaat yang sangat banyak.

Kecapaian habis olahraga ? minum rebusan daun kelor. Memperkuat tulang dan gigi ? minum rebusan daun kelor. Agar mata tetap tajam dan sehat ? minum daun kelor.

Lalu bagaimana cara merebus daun kelor agar khasiatnya tidak rusak/hilang  oleh pemanasan rebusan ? bukankah zat zat vitamin dan mineral yang terkadung didalamnya rentan rusak oleh pemanasan ?

Acuannya adalah bakteri rata rata mati pada suhu 70 – 80 derajat Celsius, dan protein dan vitamin bisa rusak di suhu 90-100 derajat. Oleh karenanya jika merebus daun kelor caranya adalah dengan merebus air terlebih dahulu hingga mendidih. Setelah mendidih kompor dimatikan dan daun kelor dimasukan ke dalam air panas tersebut. Dengan cara seperti ini bakteri akan mati namun kandungan daun kelor tidak rusak.

Atau jika ingin praktis sekarang sudah tersedia dalam bentuk teh celup. Sehinga tinggal seduh dengan air termos. Tunggu sebentar, Siap minum. Karena air termos suhunya berkisar 70 – 90 derajat. Jadi pas. Jika rebusan sendiri rasanya mungkin hambar, pada teh daun kelor tiga daun rasanya sudah enak, karena ditambahkan sari jeruk purut yang 100 % alami. Sehingga kita Dapat sehatnya – sekaligus dapat nikmatnya.

Teh Daun Kelor Tiga Daun
Teh Daun Kelor Tiga Daun